Tips membuat cara makanan sehat

Kalau sebelumnya team informasiterbaru.web.id telah mengulas materi tentang tips memilih makanan dan menyimpan makanan kali ini akan membahas tentang Tips Cara Membuat Makanan Sehat dan Murah. Banyak orang berkata, makanan sehat itu tak enak di lidah. Yang lain juga bilang, makanan sehat itu mahal harganya. Namun sebenarnya, bukan hal sulit untuk memilih makanan yang sehat bagi tubuh, namun harganya murah.

Tips Cara Membuat Makanan Sehat dan Murah

Sebagaimana diungkapkan Para ahli. Menciptakan makanan sehat dan menyehatkan tubuh bukanlah hal sulit. Asalkan ada kemauan untuk memulainya, hal itu akan bisa tercapai. Untuk mewujudkannya cermati Tips Cara Membuat Makanan Sehat dan Murah berikut ini:
Pertama adalah makanan natural. Yakni, makanan yang tidak tercemar zat-zat kimia buatan. Makanan jenis ini mampu membuat tubuh lebih sehat dan bisa panjang umur. Misalnya buah, sayur, dan tanaman lain yang ditanam dengan pupuk alami dan tanpa pupuk buatan. Buah, sayur, dan kacang-kacangan yang ditanam secara alami atau istilahnya organik, banyak mengandung zat nutrisi, termasuk vitamin C, zat besi, magnesium, dan fosfor. Sebaliknya, makanan ini sangat sedikit mengandung nitrat dan endapan pestisida dibandingkan yang non-organik.
Memang secara penampilan bahan makanan seperti itu kurang menarik. Boleh jadi dimakan ulat dan cepat layu. Namun hal itu malah menunjukkan buah atau sayur tersebut sehat. Berbeda dengan sayur yang mengandung pestisida. Secara penampilan, buah dan sayur terlihat bagus dan bersih, karena ulat tidak mau menyentuhnya.
Pada bahan makanan alami, kandungan antioksidannya masih tinggi yang membuat daya tahan tubuh jadi lebih kuat. Manfaat antioksidan bagi tubuh cukup banyak, selain mampu membersihkan darah, juga bisa membantu mencegah berbagai penyakit, seperti kanker, diabetes, kardiovaskuler, dan penyakit degeneratif atau keturunan lainnya. Alhasil dengan mengkonsumsi makanan natural, kualitas hidup meningkat dan bisa panjang umur.
Meski demikian, syarat untuk hidup sehat juga bergantung pada cara memasaknya. Menurut dia, kandungan makanan semuanya baik dan dibutuhkan tubuh. Namun bila salah memasak, nutrisi dan kandungan makanan bisa menimbulkan masalah.
Kandungan minyak dalam kelapa misalnya, sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh sebagai cadangan lemak. Sehingga produk virgin coconut oil (VCO) harganya sangat mahal. Namun jika salah memasaknya, seperti santannya pecah, maka akan menjadi masalah kolesterol.
Maka, memasak sayur-sayuran atau bahan makanan favorit dengan cara dikukus akan lebih baik dari pada direbus atau digoreng. Tujuannya menjaga agar kandungan gizi dan rasa tetap utuh. Selain itu, proses merebus dapat menghancurkan kandungan gizi dan merusak rasanya.
Selain itu, dalam membuat makanan hindari membubuhkan zat-zat kimia. Penggunaan MSG, misalnya. Monosodium glutamat atau sodium glutamat, merupakan garam natrium dari asam glutamat. MSG digunakan sebagai penguat cita rasa karena zat ini mampu menyeimbangkan, menyatukan, dan menyempurnakan persepsi total rasa lainnya.
Namun menurut beberapa sumber MSG merupakan zat aditif yang kurang baik bagi kesehatan. Banyak orang mengetahui akan bahaya monosodium glutamate tersebut. Tetapi hal yang terjadi malah tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Banyak masyarakat masih mengonsumsi MSG secara berlebihan, dengan asumsi makin banyak MSG makin enak. Maka ada baiknya masyarakat mulai mengurangi penggunaan MSG demi untuk kesehatan tubuh.
Lantas, bagaimana untuk mendapatkan rasa. Karena tanpa bahan-bahan kimia itu, rasa masakan akan terasa hampa. Namun, untuk medapatkan rasa yang sedap, bisa diolah dengan membubuhkan bahan-bahan alami pula, seperti dengan rempah-rempah, gula, dan garam.
Soal rasa, beralih ke pangan organik tidak menjamin rasanya akan lebih enak. Tidak ada bukti nyata yang menjamin hal itu. Namun, pangan natural biasanya lebih segar karena tak mengandung pengawet dan harus segera dikonsumsi. Semakin segar bahan makanan, maka semakin nikmat rasanya. Maka, jangan terlalu lama menyimpan bahan makanan alami atau organik khususnya sayuran. Maka, kecermatan dalam membeli dan mengkonsumsi makanan sebagai syarat utama untuk hidup sehat.
Disamping itu, untuk hidup sehat setiap diri perlu membiasakan pola makan yang baik. Karena makanan merupakan sumber energi bagi tubuh agar semua organ tubuh dapat berfungsi secara optimal. Pola makan yang sehat dapat menjadikan tubuh sehat, sebaliknya dengan pola makan yang tidak sehat maka tubuh akan rentan terhadap berbagai penyakit. Adapun pola makan yang sehat, antara lain yaitu jumlah makanan yang dikonsumsi, jenis makanan, dan jadwal makan. Demikian ulasan tentang Tips Cara Membuat Makanan Sehat dan Murah semoga berguna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s